Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar,
Indikator.dan Tujuan Pembelajaran
Kompetensi
Inti (KI)
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
KI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
KD 1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman
hayati, ekosistem dan lingkungan hidup
|
1.
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang proses perkembangan pada
makhluk hidup menurut ajaran agama yang dianutnya.
|
·
Siswa
dapat bersyukur dan mengagumi
keanekaragaman anggota Filum Porifera serta peranan Filum Porifera
sebagai ciptaan Tuhan menurut ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KD 2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan
fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen,
berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli
lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara
ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan
dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun
di luar kelas/laboratorium
|
1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah proaktif saat menggunakan media blog dalam melakukan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun
di luar kelas/laboratorium
2.
Menunjukkan
sikap bekerja sama dalam kelompok dan saling menghargai pendapat orang lain
dalam memahami konsep serta peranan pada Filum Porifera.
|
·
Siswa
dapat menunjukkan perilaku ilmiah proaktif saat menggunakan media blog
dalam melakukan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di
luar kelas/laboratorium
·
Siswa
dapat menunjukkan sikap bekerja sama dalam kelompok dan saling menghargai
pendapat orang lain dalam memahami konsep serta peranan pada Filum Porifera.
|
KI 3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KD 3.8. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam
filum berdasarkan pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan
peranannya dalam kehidupan.
|
1.
Mendeskripsikan ciri-ciri Filum
Porifera
2. Menyebutkan
manfaat Filum Porifera untuk kehidupan manusia.
3. Menyebutkan
perbedaan masing-masing kelas dari Filum Porifera
|
·
Siswa dapat
mendeskripsikan ciri umum dan khusus Filum Porifera dengan disajikan gambar
dan video Filum Porifera
·
Siswa dapat
menjelaskan manfaat Filum Porifera dengan disajikan gambar.
·
Siswa dapat
menjelaskan perbedaan masing-masing kelas dari Filum
Porifera dengan disajikan gambar dan video.
|
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KD 4.8 Menyajikan data tentang perbandingan kompleksitas jaringan penyusun
tubuh hewan dan perannya pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan
tertulis.
|
1. Melakukan
pengamatan terhadap Filum Porifera
2. Menyajikan
tabel hasil pengamatan Filum Porifera
|
·
Siswa dapat menentukan
bagian-bagian tubuh Filum Porifera beserta fungsinya dengan disajikan contoh
gambar Filum Porifera
·
Siswa dapat mengklasifikasikan
beberapa jenis porifera sampai dengan tingkat kelas dengan disajikan
·
Siswa
mampu untuk menuliskan laporan berdasarkan hasil pengamatan dan
mempresentasikan didepan kelas.
|